v Pengertian Komputer
Komputer
adalah suatu peralatan pemrosesan data yang cukup kompleks. Komputer bukan
hanya sekedar peralatan yang terdiri dari hardware dan software saja, tetapi
merupakan suatu bagian yang terintegrasi yang melibatkan segi arsitektural
maupun organisasinya.
v Arsitektur
dan Organisasi Komputer
Dalam
memandang suatu sistem komputer terdapat 2 hal yang harus diperhatikan
yaitu Arsitektural dan Organisasi.
Arsitektur
Komputer adalah Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer. Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang mengacu pada desain
dan struktur dasar suatu sistem komputer, termasuk struktur perangkat keras,
interkoneksi, serta prinsip-prinsip yang memandu organisasinya. Hal ini
meliputi aspek desain komputer tingkat tinggi, seperti arsitektur set instruksi
(ISA), hierarki memori, unit pemrosesan pusat (CPU). Arsitektur komputer
menetapkan fondasi untuk membangun suatu sistem komputer yang efisien, andal,
dan berkinerja tinggi.
Arsitektur
komputer mengacu pada atribut-atribut sistem yang terlihat oleh pemrogram
perangkat lunak serta memiliki dampak secara langsung terhadap eksekusi logis
suatu program, seperti jumlah bit yang digunakan untuk mewakili berbagai tipe
data, set instruksi komputer, teknik untuk pengalamatan memori, metode yang
digunakan untuk input, output, dll. Hal ini pada dasarnya mendefinisikan sistem
secara abstrak dan berhubungan dengan konsep-konsep yang ditangani langsung
oleh programmer.
Terdapat
tiga kategori utama yang perlu dipertimbangkan ketika mempertimbangkan desain
arsitektur:
1) System
Design
Berisi
komponen perangkat keras yang digunakan untuk membangun sistem.
2) Instruction
Set Architecture
Mencakup
semua instruksi yang diberikan ke sistem komputer.
3) Micro
Architecture
Memberikan
detail kecil tentang elemen penyimpanan.
Arsitektur
komputer memiliki peran penting dalam menentukan kinerja keseluruhan, efisiensi
daya, dan skalabilitas sistem komputer. Pemilihan desain dalam arsitektur juga
memengaruhi kemampuan sistem dalam menangani berbagai beban kerja, mendukung
teknologi masa depan, dan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna. Contoh
dari Arsitektur Komputer antara lain adalah set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme Input/Output.
Organisasi
Komputer adalah Bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional komputer.
Organisasi komputer merupakan suatu hal yang mengacu kepada cara berbagai
komponen sistem komputer yang saling berhubungan serta bekerja sama untuk
melakukan tugas dan menjalankan program. Hal ini mencakup desain serta
pengaturan komponen perangkat keras, termasuk unit pemrosesan pusat (CPU),
memori, perangkat input/output, dan unit kontrol, untuk memastikan
pengoperasian komputer yang efisien dan efektif.
Organisasi
komputer berkaitan dengan komponen fisik komputer. Oleh karena itu,
organisasi komputer mengacu pada unit operasional dan interkoneksi antar unit
yang mencapai spesifikasi arsitektural. Hal ini memberitahu kita mengenai
blok fungsional yang berbeda dari sistem. Hal ini pada dasarnya merupakan
realisasi arsitektur serta berhubungan dengan struktur fungsional dan berbagai
hubungan struktural.
Organisasi
komputer meliputi komponen koneksi fisik, seperti sirkuit dengan pengurang
penambah. Terdapat tiga jenis organisasi CPU, yaitu sebagai berikut :
1) Single
Accumulator Organization
2) General
Register Organization
3) Stack
Organization
Organisasi
komputer memiliki peranan yang penting dalam menentukan kinerja serta efisiensi
sistem komputer secara keseluruhan. Contoh dari Organisasi Komputer antara lain
adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem
memori, dan sinyal-sinyal control.
v Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer
Arsitektur Komputer |
Organisasi Komputer |
Arsitektur komputer berkaitan dengan cara komponen
perangkat keras dihubungkan untuk membentuk sistem komputer. |
Organisasi komputer berkaitan dengan struktur dan perilaku
sistem komputer seperti yang dilihat oleh pengguna. |
Arsitektur komputer
adalah cetak biru untuk desain. Jadi, saat merancang sistem komputer,
arsitektur ditentukan terlebih dahulu. |
Organisasi komputer
diputuskan setelah arsitektur. |
Arsitektur komputer
melibatkan komponen logis seperti Set Instruksi, Mode Pengalamatan, dll. |
Organisasi komputer
melibatkan unit fisik seperti desain sirkuit, penambah, sinyal, periferal,
dll. |
Arsitektur komputer
menjelaskan bagaimana sistem komputer dirancang. |
Organisasi komputer
menggambarkan bagaimana sistem komputer bekerja. |
Arsitektur komputer
bertindak sebagai antarmuka antara perangkat keras dan perangkat lunak. |
Organisasi komputer berkaitan dengan komponen komputer
dan interkoneksi komponen. |
Arsitektur komputer berkaitan dengan masalah desain
tingkat tinggi. |
Organisasi komputer menangani masalah desain tingkat
rendah. |
Arsitektur komputer menentukan aspek logis dari sebuah
sistem komputer. |
Organisasi komputer
mendefinisikan aspek fisik sistem komputer. |
Arsitektur komputer berkaitan dengan perilaku fungsional
sistem komputer. |
Organisasi komputer berkaitan dengan struktur organisasi
komputer dan berbagai hubungan struktural. |
Arsitektur komputer juga disebut arsitektur set instruksi. |
Organisasi komputer juga disebut mikroarsitektur. |
Arsitektur komputer berkaitan dengan “ Apa yang harus
dilakukan?” (Set Instruksi). |
Organisasi komputer
berkaitan dengan “Bagaimana caranya?” (Implementasi Arsitektur). |
v Struktur
dan Fungsi
Struktur
adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Sedangkan
Fungsi adalah sebuah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan
bagian dari struktur.
v Unit
Fungsional Komputer
v Subsistem Mikrokomputer
Sebuah
sistem komputer memiliki tiga komponen utama yaitu input/output, cpu, dan
memori. Jika ketiga komponen tersebut sudah terpenuhi maka sudah bisa disebut
sistem komputer. Oleh karena itu, dalam sebuah sistem komputer terdapat tiga
subsistem mikrokomputer yaitu subsistem mikroprosesor, subsistem memori, dan
subsistem input-output.
Ø Subsistem
Mikroprosesor
Microprocessor
adalah perangkat elektronik yang dapat diprogram, serbaguna, dikendalikan oleh
jam, berbasis register, yang menerima instruksi & data sebagai input,
memproses data sesuai dengan instruksi yang diberikan, dan memberikan hasil
pada perangkat output.
§ Microprocessor
Generasi Lama
§ Microprocessor Generasi Baru
Ø Subsistem
Memori
Unit
memori adalah kumpulan sel penyimpanan bersama dengan rangkaian terkait yang
diperlukan untuk mentransfer informasi masuk dan keluar dari penyimpanan.
Memori adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk penyimpanan data dalam
bentuk 0 & 1 dan dibuat dengan menggunakan teknologi IC (Integreted Cirkuit).
Contoh dari Subsistem Memori antara lain adalah RAM ROM, Magnetic Storage
Devices, Optical Disc, dan Flash Memory.
§ RAM
RAM
adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu tempat untuk menyimpan
data sementara ketika komputer sedang dijalankan dan dapat diakses. RAM adalah
memori yang bersifat volatile. Volatile maksudnya memori tersebut akan kehilangan
data saat tidak ada daya. Berikut adalah beberapa jenis dari RAM.
o
SRAM
SRAM atau Static
Random Access Memory adalah jenis RAM
yang menyimpan bit-data dalam memori tersebut selama pasokan daya masih
tersedia.
o
DRAM
DRAM atau Dynamic
Random Access Memory adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang
terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu.
o
MRAM
MRAM atau Magnetoresistive
Random Access Memory adalah jenis RAM yang menggunakan prinsip
magnetoresistansi untuk menyimpan data.
o
FRAM
FRAM atau Ferroelectric
Random Access Memory adalah jenis RAM non-volatile yang menggunakan bahan
ferroelektrik untuk menyimpan data.
o
PRAM
PRAM atau Programmable
Random Access Memory
adalah jenis RAM yang dapat diprogram ulang untuk menyimpan dan mengatur data
sesuai dengan kebutuhan pengguna.
o
SDRAM
SDRAM atau Synchronous
Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM yang menggunakan sinkronisasi
sinyal clock untuk mengatur kecepatan transfer data.
§ ROM
ROM adalah singkatan dari Read Only Memory,
yaitu perangkat keras yang dipakai
sebagai media penyimpanan data pada komputer yang sifatnya permanen. Berbeda
dengan RAM, ROM adalah memori yang bersifat non volatile. Maksudnya adalah
meskipun memori tersebut kehilangan daya, data-data yang tersimpan di dalam ROM
tidak akan hilang dan berubah. Berikut adalah beberapa jenis dari ROM.
o
PROM
PROM atau Programmable
Read Only Memory adalah tipe dari memori yang bisa diprogram satu kali. Ini
berarti bahwa setelah data diprogram ke dalamnya, itu tidak dapat diubah lagi.
o
EPROM
EPROM atau Erasable
Programmable Read Only Memory adalah tipe dari chip memori yang bisa
diprogram ulang setelah produksi. Ini membedakannya dari PROM yang hanya bisa
diprogram sekali. EPROM memungkinkan pengguna untuk menghapus dan memprogram
ulang data yang disimpan di dalamnya menggunakan perangkat pemrograman khusus
yang disebut pembakar EPROM.
o
EEPROM
EEPROM atau Electrically
Erasable Programmable Read Only Memory adalah jenis memori yang
memungkinkan pengguna untuk menghapus dan memprogram ulang data secara
elektrik. Ini merupakan perkembangan dari EPROM yang menggunakan sinar
ultraviolet untuk menghapus data.
§ Magnetic Storage Devices
Magnetic
Storage Devices adalah jenis memori sekunder yang terdiri dari piringan datar
dengan lapisan magnetik yang menyimpan data. Memori ini lebih murah daripada
RAM serta dapat menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar; tetapi, memori
sekunder memperlambat akses data dibandingkan dengan memori utama. Berikut
adalah beberapa contoh dari Magnetic Storage Devices.
o
Floppy-Disks
Floppy-Disks adalah
sebuah perangkat penyimpanan data yang digunakan secara luas sebelum kemunculan
media penyimpanan digital yang lebih modern. Floppy disk terdiri dari sebuah
cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik di dalam suatu pelindung plastik
fleksibel.
o
Magnetic Tape
Magnetic Tape adalah
media penyimpanan yang terbuat dari pita tipis yang dilapisi dengan bahan
magnetik. Ini adalah salah satu metode penyimpanan data tertua yang masih
digunakan hingga saat ini.
o
Hard-Disk
Hard-Disk adalah
perangkat penyimpanan data yang menggunakan piringan logam yang dilapisi dengan
bahan magnetik untuk menyimpan informasi digital. Ini adalah salah satu
perangkat penyimpanan data utama dalam komputer modern.
§ Optical Disc
Optical
Disk merupakan salah satu media penyimpanan, yang sistemnya dapat terbaca
dengan bantuan sinar laser berkekuatan rendah. Berikut adalah beberapa contoh
dari Optical Disk.
o
CD-R
CD-R atau Compact
Disc-Recordable, adalah cakram optik multi sesi tempat pengguna dapat
menulis, tetapi tidak bisa dihapus.
o
CD-RW
CD-RW atau Compact Disc-Rewritable,
adalah disk multi sesi yang dapat dihapus dan dapat digunakan berkali-kali. Untuk
menulis pada disk CD-RW, pengguna harus memiliki perangkat lunak CD-RW dan
drive CD-RW.
o
DVD
DVD merupakan singkatan
umum dari Digital Video Disc atau Digital Versatile
Disc. DVD adalah media penyimpanan disk optik yang mirip dengan compact
disc, tetapi dengan kapasitas penyimpanan data yang ditingkatkan serta dengan
kualitas yang lebih tinggi dari format video dan audio.
o
Blue-Ray
Blue-Ray adalah format
disk optik seperti CD dan DVD. Blue-Ray dikembangkan untuk merekam dan memutar
video definisi tinggi (HD) dan untuk menyimpan data dalam jumlah besar.
§ Flash Memory
RAM
adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu tempat untuk menyimpan
data sementara ketika komputer sedang dijalankan dan dapat diakses. RAM adalah
memori yang bersifat volatile. Volatile maksudnya memori tersebut akan kehilangan
data saat tidak ada daya. Berikut adalah beberapa jenis dari RAM.
o
USB Memory Sticks (Pen Drives)
USB Memory Stick, atau
yang sering disebut sebagai Pen Drive, adalah perangkat penyimpanan data
portabel yang menggunakan koneksi USB untuk terhubung ke komputer atau
perangkat lainnya.
o
Compact Flash Memory Cards
Compact Flash Memory Card
adalah kartu memori flash yang memiliki ukuran yang ringkas dan tingkat
kecepatan transfer yang tinggi, sehingga membuatnya ideal untuk penggunaan
dalam merekam gambar atau video dengan resolusi tinggi.
o
Solid State Hard Drives
Solid State Hard Drive
adalah jenis hard drive yang menggunakan teknologi penyimpanan flash memory
untuk menyimpan data. Dibandingkan dengan teknologi piringan magnetik yang
digunakan dalam hard drive konvensional, memori ini memiliki kecepatan transfer
data yang lebih tinggi, waktu akses yang lebih cepat, dan lebih tahan terhadap
goncangan dan getaran karena tidak memiliki bagian mekanis yang bergerak.
o
Secure Digital (SD) Memory Cards
Secure Digital (SD)
Memory Card adalah jenis kartu memori flash yang banyak digunakan dalam
perangkat elektronik seperti kamera digital, ponsel cerdas, tablet, dan
perangkat audio portabel. Mereka memiliki ukuran yang kecil dan menyediakan
kapasitas penyimpanan yang bervariasi.
Ø Subsistem
Input-Output
Subsistem
Input-Output adalah subsistem penting ketiga dari setiap sistem mikrokomputer.
Input-Output bertindak sebagai saluran komunikasi dengan dunia luar. Dengan
adanya Input-Output memungkinkan adanya interaksi dengan pemrogram. Perangkat
Input-Output juga disebut sebagai periferal.
§ Perangkat Input
Perangkat
input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke
dalam sistem komputer. Berikut adalah beberapa contoh dari Perangkat Input.
o
Keyboard
Keyboard adalah perangkat
input yang digunakan untuk memasukkan teks, angka, dan perintah ke dalam
komputer. Keyboard terdiri dari sejumlah tombol yang mewakili huruf, angka,
simbol, dan fungsi khusus.
o
Mouse
Mouse adalah perangkat
input yang digunakan untuk mengontrol gerakan kursor pada layar komputer. Mouse
biasanya terdiri dari sebuah bola atau sensor optik di bagian bawahnya yang
mendeteksi gerakan, dan tombol-tombol yang digunakan untuk melakukan tindakan
tertentu seperti mengklik atau menggeser.
o
Mikrofon
Mikrofon adalah perangkat input yang
digunakan untuk merekam suara atau suatu sinyal audio. Mikrofon digunakan untuk
memasukkan suara ke dalam komputer untuk berbagai tujuan.
o
Joystick
Joystick adalah perangkat
input yang digunakan untuk mengontrol pergerakan objek dalam permainan video
atau simulasi. Joystick biasanya terdiri dari sebuah tongkat yang dapat
digerakkan dan beberapa tombol aksi yang digunakan untuk mengendalikan
permainan.
o
Trackball
Trackball adalah
perangkat input yang mirip dengan mouse, tetapi sensor geraknya terletak di
dalam bola yang dapat digerakkan oleh pengguna dengan jari atau telapak tangan.
Gerakan bola digunakan untuk mengontrol gerakan kursor pada layar komputer.
o
Scanner
Scanner adalah perangkat
input yang digunakan untuk menghasilkan salinan digital dari gambar atau teks
yang ada di atas kertas atau media lainnya. Scanner memungkinkan pengguna untuk
memasukkan gambar atau teks ke dalam komputer untuk diedit, disimpan, atau
dibagikan dalam format digital.
§ Perangkat Output
Perangkat output adalah perangkat keras
komputer yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi yang telah
diproses oleh sistem komputer. Berikut adalah beberapa contoh dari Perangkat
Output.
o
Monitor
Monitor adalah perangkat
output yang digunakan untuk menampilkan gambar, teks, atau grafik yang
dihasilkan oleh komputer. Monitor adalah layar visual yang biasanya terdiri
dari panel datar yang menampilkan informasi dalam format grafis.
o
Printer
Printer adalah perangkat
output yang digunakan untuk mencetak dokumen, gambar, atau teks dari komputer
ke media cetak, seperti kertas.
o
Plotter
Plotter adalah perangkat
output khusus yang digunakan untuk menghasilkan gambar atau grafik dengan
presisi tinggi. Mereka biasanya digunakan untuk mencetak gambar teknis, peta,
dan desain arsitektur atau teknik yang memerlukan detail yang sangat halus.
o
Speaker
Speaker adalah perangkat
output yang digunakan untuk menghasilkan suara atau audio dari komputer atau
perangkat lainnya. Speaker mengubah sinyal listrik menjadi gelombang suara yang
dapat didengar oleh telinga manusia.
o
Projector
Projector adalah
perangkat output yang digunakan untuk memproyeksikan gambar atau video besar ke
permukaan datar, seperti layar atau dinding. Projector biasanya digunakan untuk
presentasi, pemutaran film, atau tampilan visual yang besar dan jelas.
v Struktur
Komputer
Dalam
pemanfaatanya di kehidupan sehari-hari, komputer digunakan secara bersama-sama
dengan berbagai perangkat dari lingkungan eksternal. Secara umum perangkat
lingkungan terbagi menjadi dua bagian, yaitu perangkat peripheral dan jalur
komunikasi. Struktur internal komputer terdiri empat bagian utama yaitu unit
pemrosesan terpusat (central processing unit - CPU), memory utama, I/O dan
system interkoneksi.
v Struktur
CPU
v Struktur
Control Unit
No comments:
Post a Comment